Kamis, 17 Maret 2016

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Penghujan

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Penghujan

Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Penghujan - Di musim hujan sekarang banyak dari kita yang mudah sekali terserang berbagai penyakit baik itu anak anak, orang dewasa sampai orang tua, biasanya kondisi ini disebabkan karena menurunnya daya tahan tubuh.

Mengapa di musim hujan daya tahan tubuh melemah ?

Terdapat dua faktor yang dapat menjadi penyebab turunnya daya tahan tubuh kita, diantaranya adalah gaya hidup yang salah dan pola makan yang tidak sehat. Faktor itulah yang menjadi penyabab melemahnya daya tahan tubuh kita sehingga tubuh akan mudah terserang oleh berbagai penyakit.

Untuk itu perlunya asupan nutrisi dan vitamin tambahan bagi tubuh agar daya tahan tubuh menjadi kuat, kondisi yang menyebabkan kita terserang penyakit di musim penghujan biasanya disebabkan karena faktor dari luar juga seperti perubahan cuaca yang mempengaruhi bakteri dan virus untuk masuk ke dalam tubuh kita, dan salah satunya melalui udara yang kita hirup sehari hari.

Nah bagi anda yang ingin menjaga kesehatan anda agar tetap sehat dan terlindung dari berbagai penyakit yang bisa menyerang di musim penghujan, saya akan coba sajikan beberapa tips yang mudah mudahan AMPUH untuk menghindarkan dari serangan penyakit di musim penghujan :

  • Kenakan Pakaian Yang Tebal Dan Hangat
Seringkali sebagian dari anda berpikir bahwa mengenakan baju berlengan panjang, sudah cukup menghangatkan. Namunlapisan baju sebelum memakai jaket tebal, mempengaruhi seberapa lama kita akan bertahan hangat. Pastikan kaos dalam yang anda kenakan terbuat dari bahan yang cepat kering.

Seperti polyester. Bahan seperti katun akan menyerap keringat dan cukup lama, sehingga walau makai jaket hangat, anda akan tetap terasa dingin. Pilih perlengkapan musim hujan yang sesuai selera anda, namun anda harus tetap mengutamakan keselamatan dan kenyamanan tanpa banyak mengganggu aktivitas.

  • Istirahat Yang Cukup Dan Tidak Berlebihan
Saat musim penghujan tiba, beristirhat atau tidurlah yang cuku, jangan berlebihan walaupun udara dingin sebenarnya juga mengundang rasa kantuk. Istirahat yang berlebihan justru akan menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, jangan tidur terlalu malam agar tubuh lebih cepat memulihkan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

  • Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat
Pada musim penghujan jangan lupa untuk tetap menjaga asupan makanan sehat, terutama yang hangat dan berkuah agar tubuh terasa hangat meskipun udara menjadi lebih dingin. Makanan sehat tersebut adalah sup kuah, sayuran berkuah, soto atau makanan yang berkuah lainnya. Dan satu lagi jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi buah buahannya biar tetap seimbang.

  • Membersihkan Tempat Yang Rawan Terserang Bakteri Dan Virus
Musim hujan bisa menyebabkan lingkungan disekitar kita menjadi kotor. Hal ini disebabkan karena kelembaban udara yang lebih tinggi hingga membuat sampah lebih cepat membusuk dan menjadi sumber kuman. Penting sekali bagi anda untuk membersihkan tempat tempat yang berpotensi menjadi sarang kuman atau bakteri yang berkembang biak.

  • Konsumsi Vitam C Yang Cukup
Saat pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan, tubuh tidak akan langsung bisa menyesuaikannya, tetapi harus melalui proses terlebih dahulu. Saat proses inilah kondisi tubuh akan melemah dan mempengaruhi sistem imun dalam tubuh, sehingga kekebalan pun akan menjadi menurun. Saat tubuh dalam kondisi seperti ini, vitamin C sangat anda perlukan. Solusinya, anda bisa mengkonsumsi vitamin C secara rutin dari kandungan buah buahan, sayuran atau minuman bervitamin C tinggi.

  • Minum Sesuatu Yang Hangat
Meskipun minuman hangat tidak menaikan suhu di dalam tubuh, menyeruput sesuatu yang hangat, akan memberi kesan tersebut, dan membantu melawan dingin walau hanya sesaat. Agar rasa hangat tersebut bertahan lebih lama, tambahkan irisan jahe segar ke dalam minuman hangat anda.

Diatas merupakan tips yang semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya, yuk mulai dari sekarang hidup sehat dan jauhi pola hidup yang tidak sehat dan beralih ke hidup yang berkualitas yang tentunya akan lebih nyaman untuk menjalankannya.

51 komentar:

  1. Terimakasih banyak tips nya, saya copy ya buat di simpen di catatan word... biar inget..

    BalasHapus
  2. hanya saja orang yang semua ingin sehat tidak semua menjalankan alias tidak sesuai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih mas memang tips itu ada yang sesuai dengan dan ada yang tidak, oleh karena itu tips hanyalah bantuan saja untuk lebih menyehatkan tubuh saja.

      Hapus
  3. Iya kalo musim penghujan mesti jaga kesehatan, setuju sama tipsnya, iya kurang tidur kerasa jadi badan nggak fit dan masuk angin, kemarin-kemarin sering masuk angin.... :) konsumsi vitamin C kayaknya kudu dipertinggi... :)

    BalasHapus
  4. Aaah membantu banget nih :' aku sejak Jogja sering ujan tiap sore, kesehatan jadi menurun gitu eh -_-

    BalasHapus
  5. Diar Nurhakim => Iya mas kurang tidur merupakan salah satu penyebab menurun daya tahan tubuh, jadi untuk itu istirahat yang cukup sangat dianjurkan, iya konsumsi vitamin C juga bisa sebagai salah satu solusinya.

    Febri => Iya alhamdulillah kalau membantu, mulai dari sekarang jalan pola hidup yang sehat saja mas agar daya tahan dalam tubuh tetap terjaga sehingga tubuh tidak akan mudah sakit.

    BalasHapus
  6. paling suka nih minum yang hanget. ternyata manfaat ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas apalagi kalau diminum pada waktu yang tepat seperti sekarang lagi musim hujan. Karena kalau mengkonsumsi minuman hangat pada suhu yang dingin manfaatnya itu banyak dan salah satunya adalah menghangatkan tubuh.

      Hapus
  7. Iya mas...musim hujan memang membawa dampak bagi kesehatan kalau kita tidak menerapkan pola hidup sehat...Biasanya yg sering adalah penyakit flu

    BalasHapus
  8. Selain minuman hangat. suplemen untuk meningkatkan sistem imun juga harus di konsumsi agar tubuh selalu fit

    BalasHapus
  9. Iya mas penyakit yang peling sering menyerang pada musim hujan adalah salah satunya flu.

    Iya mas betul tapi jangan asal untuk miilih suplemen karena takutnya suplemen yang dipakai itu menimbulkan efek samping yang merugikan tubuh.

    BalasHapus
  10. sepakat dengan komentar diatas, juga berartisetuju banget dengan ulasan tentang menjaga kesehatan saat musim penghujan, sebab musim hujan sangat rentan terhadap banyaknya tumbuh penyakit jika kita tidak melakukan tips di atas

    BalasHapus
  11. Saya sih seneng kalo musim hujan datang, selain bisa ujan2an juga air pam di rumah ga akan lagi kekeringan. Enaknya musim ujan itu sambil rebus ubi atau singkong plus secangkir kopi hitam.. *loh malah curhat :D

    BalasHapus
  12. Iya itu kalau enaknya musim hujan, Waw ternyata suka kopi hitam toh.

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Iya mas alhamdulillah bila tips ini bermanfaat.

      Hapus
  14. tips yang sangat manfaat untuk d musim penghujan ini

    BalasHapus
  15. boleh juga tipsnya, bisa nambah ilmu :)

    BalasHapus
  16. sekarang lagi musim panas atuh kang, hihihi, siap ips nya diamankan maas :)

    BalasHapus
  17. waw mantep, kebetulan saya perlu tips ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw muantapppp kang kalau begitu semoga tipsnya bisa bermanfaat.

      Hapus
  18. banyakin g kena hujan biar g sakit,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu tidak semua orang gan karena setiap orang memiliki tingkat daya tahan tubuh yang berbeda (ada yang daya tahan tubuhnya rendah dan tinggi), kalau daya tahan tubuhnya rendah maka orang tersebut akan mudah sakit dan apabila daya tahan tubuh di tidak akan kenapa kenapa walau hujanan setiap hari.

      Hapus
  19. Balasan
    1. beberapa tips di atas penting sekali mas..dan perlu di terapkan saat musim penghujan

      Hapus
    2. Iya bener mas saya tidak bohong, ahi hi hi.
      Iya mas semoga saja bisa membantu dengan adanya beberapa tips singkat diatas.

      Hapus
  20. hemmm luar biasa ne tips, semoga sehat selalu para sahabat blogger khususnya Pemilik blog ini, agar Tips Sehatnya selalu bisa dinikmati kita-kita. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mas terima kasih atas doanya, iya mas terima kasih apabila tips ini bisa bermanfaat untuk semua orang khususnya untuk mas Cholil Smart.

      Hapus
  21. Musim penghujan memang banyak sekali yang terserang penyakit ya mas? bukan hanya anak kecil anak dewasa pun juga banyak yang terserang penyakit seperti batuk filk dan demam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas orang yang terserang penyakit di musim penghujan itu biasanya memiliki daya tahan tubuh yangn rendah, apabila memiliki daya tahan tubuh yang rendah maka orang tersebut akan beresiko terserang penyakit seperti fli, demam, dan sebagainya.

      Hapus
  22. Minum sesuatu yang hangat
    Dimusim hujan lebat
    Badan terasa sehat
    Selalu punya semangat

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha ha iya mbak betul dan muantappp kalau hujan minum yang hangat yang selalu bikin semangat.

      Hapus
  23. makasih ya atas tipsnya, bermanfaat banget nih buat rider yg sering di luar

    BalasHapus
  24. Kalau saya setiap pagi minum jeniper hangat nih. Terima kasih tipsnya sangat berguna :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu juga bisa mbak, iya sama sama semoga bisa membantu.

      Hapus
  25. saat musim penghujan, mengkonsumsi yang hangat-hangat itu memang pilihan terbaik yah :)

    terimakasih tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak karena bisa membuat suhu dalam tubuh menjadi hangat saat sedang menghadapi cuaca dingin.

      Iya mbak sama sama semoga bisa membantu dan bermanfaat.

      Hapus
  26. tips yang bermanfaat. dan aku masih sering lupa minum vit c, juga istirahat tidak teratur :) terima kasih mas tipsnya.

    BalasHapus
  27. Iya sama sama semoga bisa membantu dan semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  28. Wah, pas banget nih infonya di cuaca yang tak menentu seperti sekarang. Makasih pak.

    BalasHapus
  29. Tip yang sangat bermanfaat nih....

    BalasHapus